Skip to main content

Memilih Sepatu untuk Kesehatan Kaki

Memilih Sepatu untuk Kesehatan Kaki . Berbicara mengenai fashion dan style perempuan seakan tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu terus berkembang seiring perkembangan jaman. Sepatu salah satunya, sepatu merupakan hal yang penting buat perempuan, karena akan menunjang penampilannya. Seperti halnya tas, pakaian atau accessories. Bahkan ada ahli fashion yang mengatakan kalau sepatu merupakan penentu  style seorang perempuan, perempuan itu akan terlihat berbeda, lebih menawan, lebih modis dilihat dari sepatunya. Perempuan juga selalu melakukan mix and match penampilannya mulai dari kerudung atau rambut, pakaian, tas dan sepatunya. Menurut beberapa ahli perempuan juga bisa terlihat karakter dan kepribadiannya dengan kebiasaanya menggunakan model sepatu. 
Dan bahas soal sepatu, kita juga harus ingat  dengan kesehatan kaki kita juga lho. Karena beberapa model sepatu tidak baik jika digunakan dalam penggunaan lama, karena akan berpengaruh terhadap kesehatan kaki. Ketika memilih dan  menggunakan sepatu ada baiknya kita memperhatikan kesehatan kaki kita juga. Alih – alih ingin telihat cantik dan menarik dengan memakai sepatu yang harganya selangit tapi kaki kita malah jadi korban. Karena  sepatu yang salah malah dapat membuat bentuk kaki kita menjadi tidak bagus. Berikut ini adalah tips dan hal – hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu yang tepat dan sehat: 


1. Tinggi hak sepatu
  Sepatu dengan hak tinggi atau high hills sering menjadi pilihan banyak perempuan. Dengan pertimbangan karena sepatu berhak tinggi ini akan menambah menarik penampilan dan menambah percaya diri. Namun sebaiknya kita hati – hati untuk menggunakan sepatu dengan hak tinggi ini, pada penggunaan waktu lama sepatu hak tinggi ini lain dapat menyebabkan kaki lecet dan bengkak pada bagian belakang tumit dan juga nyeri pada kaki. Pada saat kita berjalan dengan sepatu berhak tinggi, lutut akan sedikit menekuk sehingga menambah beban pada lutut. Sebaiknya menggunakan sepatu dengan hak tinggi tidak lebih dari 2,5 cm. Jika kita ingin menggunakan sepatu dengan hak tinggi, pilihlah sepatu dengan hak yang agak lebar, tidak terlalu runcing ini. Hal ini karena akan  membantu  kita memiliki keseimbagan pada saat berjalan, sehingga akan terhindar dari  terjatuh dan terkilir. 
2. Bentuk dasar sepatu
  Ketika memilih sepatu, perhatikanlah  bentuk dasar dari sepatu,  apakah bagian dasar sepatu dapat mendukung lekungan telapak kaki dengan baik atau tidak. Dengan kita memakai alas dasar sepatu yang sesuai dengan lengkungan kaki akan membantu kaki kita berada dalam posisi yang nyaman sehingga hal ini mengurangi kecenderungan terjadinya nyeri lutut. Flat sheos sekarang banyak menjadi favorite sebagian perempuan, karena dirasa lebih simple dan enak digunakan. Sebaiknya pilihlah flat shoes yang bagian dasarnya mendukung lengkungan telapak kaki.  Dalam hal ini sepertinya sandal yang lebih tebal dapat menjadi pilihan untuk bentuk alas kaki yang lebih sesuai dengan lengkungan telapak kaki, ketimbang sandal jepit. Karena sandal jepit ini sama halnya dengan sepatu datar, sandal jepit tidak memberikan sokongan yang baik terhadap lengkungan telapak kaki. Selain itu, minimnya perlindungan terhadap kaki, menyebabkan penggunaan sandal jepit dapat membuat kaki pemakainya mudah terluka.  Jika diperlukan kita dapat menambahkan produk alas kaki tambahan yang ergonomis, yang sudah banyak hadir di pasaran secara terpisah dari sepatu. Dengan demikian, potensi cedera kaki dapat terhindari, dan kesehatan kaki pun terjaga.
3. Ukuran sepatu
  Ukuran sepatu sepertinya bukan hal yang perlu dibahas karena semua orang tentunya akan membeli sepatu sesuai dengan ukuran kakinya masing – masing. Namun terkadang ada perempuan ketika memilih  sepatu justru memilih memilih ukuran sepatu yang satu ukuran lebih kecil dengan tujuan agar kakinya terlihat indah. Hal ini dapat menyebabkan kaki pemakainya menjadi tidak indah setelah melepas sepatunya. Dimana kaki bisa lecet, terjadi kapalan, mata ikan, bagian-bagian kaki dengan kulit yang mengeras dan bersisik, dan lain – lain yang sangat tidak diharapkan. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai dengan kaki, tidak kekecilan dan juga tidak terlalu pas di kaki sehingga masih ada ruang untuk kaki. 
4. Bahan sepatu
   Ketika memilih sepatu hendaknya memperhatikan bahan dari sepatu yang akan kita gunakan. Pilihlah sepatu dengan bahan yang lentur dan tidak kaku. Karena bahan sepatu yang kaku akan menyebabkan kaki mudah pegal dan kaki menjadi lecet. Hal ini disebabkan kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa. 
5. Bagian depan sepatu
  Bagian depan sepatu juga menjadi hal yang harus diperhatikan ketika memilih sepatu. Bagian sepatu dengan ujung lancip sepertinya menjadi banyak pilihan perempuan karena kaki akan terlihat lebih indah dan menarik. Namun sepertinya pemilihan sepatu yang berujung lancip ini harus diperhatikan terutama untuk kaki yang berjari besar , karena dapat menyebabkan tidak adanya ruang yang leluasa untuk ujung-ujung jari. Dimana ujung-ujung jari terhimpit di bagian depan. Ujung sepatu yang sempit hingga menekan kuku jari kaki, membuat pertumbuhannya mengarah ke dalam. Akibatnya dapat menimbulkan luka pada ujung jari karena tekanan dari kuku.
Itulah beberapa tips dalam memilih  sepatu, ketika memilih sepatu pastikan kita memilih sepatu yang tepat.  Pilihlah sepatu dengan tenang, jangan terburu-buru. Pilihlah barang yang berkualitas dan nyaman digunakan, mahal belum tentu bagus dan murah juga belum tentu tidak berkualitas. Dewasa ini membeli barang - barang termasuk sepatu secara online  sepertinya menjadi pilihan banyak perempuan. Karena kita tinggal duduk cantik dirumah, buka internet, kita tinggal lihat - lihat dengan bebas kemudian menentukan pilihan. Dan untuk tempat belanja online yang lengkap dan terpercaya ya di Shopious, toko online terpercaya yang ada di Indonesia. Kita bisa menemukan macam - macam sepatu dan semua keperluan disana. Tunggu apa lagi mari kita ke Shopious berburu barang - barang buat lebaran, eh masih lama ya, ga apa - apa nyicil beli dari sekarang :)   

Sumber Refferensi : 
Gambar : www.shopious.com
Materi   : www.klikdokter.com
post signature

Comments

  1. kalau saya lebih suka pake flat shoes lebih nyaman, apalagi aktifitas naik turun tangga kantor jadi ngak tambah pegal. btw ukuran sepatu terkadang juga masalah ukuran 36 tapikadang kegedean juga :)

    ReplyDelete
  2. nah pengalamanku saat dicoba enak tp ternyata bikin lecet,a lhasil pakai plester dulu , agak alma baru deh agk lecet lagi tp pakai plesternya itu loh

    ReplyDelete
  3. Wah, saya baru tahu ternyata pemilihan model sepatu juga mempengaruhi kesehatan kaki kita. Kalau saya pribadi lebih suka pakai flat shoes mbak atau sekalian aja sandal :D

    ReplyDelete
  4. aku sekarang2 ini lg suka boots yang gak ada heelsnya tinggi. so far sih nyaman2 aja soalnya heelsnya tebel, gak nukik yg kaya heells biasanya.

    elisabethgultom.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. bahan sepatu itu penting banget ya mbak ...

    ReplyDelete
  6. saya sering make yang flatshoes kak, datar nggak tinggi
    lebih nyari aaman hehehe. Thanks tipnya lho kak

    ReplyDelete
  7. Benar sekali yang dikatakan mbak, salah satu yang penting dilihat adaalah ujung sepatu. Bentuk ujung sepatu yang lancip memang indah tapui juga akan bikin nyeri secara tidaklangsung..

    Kunjungi juga artikel terbaru ku http://theboochconsultant.blogspot.co.id/2017/03/ask-author-and-review-ember-in-ashes.html

    ReplyDelete
  8. wah saya malah bukan penggemar flatshoes.. jenis sepatu ini yang paling bikin kaki saya sering sakit haha.. tergantung bahannya mungkin yah :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf link hidup saya hapus.

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.