Skip to main content

Mari Makan Buah



Buah selain bikin seger juga bikin sehat. Berbagai vitamin dan kandungan zat gizi banyak didalamnya. Belakangan buah dan sayuran dibuat dalam bentuk smoothies. Buah juga bisa dibikin aneka olahan atau kreasi seperti sop buah, dimana aneka buah – buahan dipotong – potong kemudian dikasih air putih, gula dan susu. Juice merupakan salah satu olahan buah – buahan yang banyak disukai. Rujak juga salah satu jenis buah tangan dari bahan buah – buahan. Sebagian dari buah – buahan juga sekarang banyak yang digunakan untuk infused water. Dalam acara syukuran, undangan atau hajatan ga lengkap rasanya kalau ga ada buah. Temen saya malah kalau ke undangan hanya makan buah ajah. Ga makan nasi atau yang lainnya. 


Kalau dulu rasanya tabu banget kalau pagi – pagi udah makan buah ya ga?  Khawatirnya akan terjadi sesuatu dengan perut (lambung) karena belum diisi makanan padat atau sarapan. Tapi sepertinya sekarang kekhawatiran itu kalah karena sekrang sarapan dengan buah bukan hal yang aneh lagi. Beberapa kalangan sudah terbiasa sarapan dengan buah. Lebih sehat dan tentunya seger. 
Beberapa jenis buah juga yang kadang jadi mitos yang berhubungan dengan buah – buahan namun sepertinya lambat laun mulai hilang meski mungkin masih ada beberapa yang memepercayainya. 

Beberapa jenis buah ada yang identik dengan salah satu kota atau daerah seperti Apel Malang, Mangga Indramayu, Jeruk Bali, Pisang Ambon, Salak Pondoh bisanya ini dari Yogyakarta (maaf kalau salah) Nanas dari Subang, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Indonesia beberapa buah dijuga suka ada musimnya, saya tahu urutan musimnya saat saya hamil anak pertama. Tahu kan kalau ibu hamil suka ngidam dan tak jarang ngidam buah – buahan terlebih itu buah – buahan yang asam. Padahal justru itulah yang bikin jadi mual ya ga? saya masih inget bahkan sampai sekarang juga musim buah – buahan itu. Pertama musim mangga ini lumayan lama dan panjang musimnya buah mangga ini. Habis mangga kemudian musim buah Rambutan. Dan setelah Rambutan baru Dukuh. Musim dukuh kalau ga salah ga terlalu lama. Ya ga selama musim buah mangga. 

Harga buah – buahan yang ada musimnya ini biasanya awal memasuki musimnya suka masih mahal  ya secara kan masih jarang. Apa lagi kalau saat sedang bukan musimnya mahal banget malah kadang susah ditemukan. Kaya lagi ga musim buah Mangga terus pengen juice mangga nah mahal banget tuh biasanya. Setelah ramai musimnya baru harganya mulai turun tuh bahkan cenderung lebih murah. Kalau buah  - buahan yang ga kena musimnya bisanya harganya relative stabil. Kecuali buah – buahan yang import. 
Makan buah memang sangat dianjurkan karena penting untuk kesehatan tubuh kita. Makan buah hendaknya hati – hati mulai dari cara mencucinya, memotong dan juga makannya. Buanglah bagian yang memang tidak bisa dimakan, misalnya biji, kulitnya, atau bagian yang kurang bagusnya. 

Buah – buahan juga bisa dibuat untuk olahan makanan lain misalnya bolu, ada bolu pisang, jely juga bisa dimasukin buah didalamnya misalnya mangga saat kita bikin jely dengan rasa mangga. Stroberi atau chery juga suka dijadikan hiasan untuk bolu atau kue tertentu diatasnya. Selain lebih cantik juga bolu atau kue jadi ada lebih segernya karena ada buahnya. 
Bayi juga sekarang sudah dibiasakan makan buah saat usianya sudah memasuki tahap MP ASI. Biasanya pepaya, pisang, atau dibikin bubur buah, bisa itu buahnya dikukus dulu atau dimakan secara langsung. Atau juga di juice. Buat yang memiliki bayi boleh tuh mulai dibiasakan bayinya makan buah. Selain sehat juga terbisa nanti sampai besar makan buah – buahan. 

Mari kita biasakan makan buah lebih sehat dan lebih bagus untuk pencernaan dan juga kecantikan. Ada tuh beberapa buah yang bisa dijadikan untuk maskeran dan juga harus dimakan secara langsung karena buah tertetu memang mengandung beberapa zat yang diperlukan untuk kesehatan kulit khususnya. 

post signature

Comments

  1. Aku suka banget buah mak.hampir smua buah aku suka cuma duren yg aku ga doyan

    ReplyDelete
  2. aku suka buaahhh semuaaa...eh enggak semua, aku enggak suka kersen..manisnya kemanisaaan

    ReplyDelete
  3. Sekarang aku dan suami juga sarapan buah, lebih enak ya mbak

    ReplyDelete
  4. Aku juga mulai mebiasakan diri sarapan buah mak..semangaaat

    ReplyDelete
  5. saya makan buah minimal seminggu dua kali :)

    ReplyDelete
  6. Buah-buahan adalah salah satu makanan favoritku :D

    ReplyDelete
  7. Aku juga suka buah2an.. sekarang lg sambil belajar utk makan buah d awal sebelum makan inih mbk, karna selama ini salah makan buahnya malah di belakang atau seteleh makan hihi

    ReplyDelete
  8. sebagai orang yang susah BAB, saya paling seneng makan pepaya hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf link hidup saya hapus.

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.