Skip to main content

Inilah Penyebab Lebih Cepat Tua



Menjadi tua itu pasti, tapi menjadi dewasa itu belum tentu, itulah yang sering kita dengar. Dengan bertambah usia tentunya menjadi tua, tapi belum tentu bisa menjadi dewasa. Benar ga? menjadi tua adalah proses alam karena kita mengalami proses regenerasi. Tidak ada satupun makhluk hidup yang usianya tetap dan tidak bertambah. Siapa coba yang ga mau tetap awet muda. Ya tua memang  ga bisa dihindari, tapi jangan khawatir meski usia tua penampilan jangan keliatan tua dong, ya ga?  

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk tidak terlihat tua atau tidak cepat tua, dan saya rasa itu tidak perlu mahal – mahal dengan berbagai teknologi apa lagi operasi plastik atau oplas. Beberapa makanan dan gaya hidup bisa berpengaruh pada kesehatan maupun kesehatan kulit dan  efeknya bisa berpengaruh pada penampilan kita. Menurut dr. David ahli estetik dan antiaging yang juga pemilik Df Clinic, makanan tertentu dan juga cara pengolahannya serta gaya hidup yang tidak sehat bisa membuat kita jadi terlihat lebih tua. Begitu juga menurut seorang dermatolog, Samantha B Conrad, MD dari Northwestern Medicine ada beberapa makanan yang mampu menyebabkan peradangan dan juga kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas dalam tubuh yang kemudian menyerang kulit. Dan efeknya kulit menjadi seperti kurang  mendapatkan nutrisi, timbul keriput, kusam dan tidak cerah.

Dan ini dia neh faktor - faktor penyebab menjadi lebih cepat tua, dan tentunya harus kita hindari untuk bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah dan sehat sehingga tidak mengalami penuaan dini. 

  • Gula
Gula emang bisa membuat makanan lebih enak, minuman rasa manis lebih maknyus dan terasa segar apa lagi kalau diminumnya dalam keadaan  dingin. Sekarang banyak benget minuman manis dalam kemasan yang menawarkan kesegaran dan juga rasa yang enak. Tapi meskipun gula memberikan rasa yang enak dan hmmm tiada tara deh, kita harus hati – hati. Kelebihan gula dalam tubuh sangat tidak baik bagi kesehatan kita. Selain bisa mengakibatkan Diabetes Melitus atau kencing manis juga tidak baik buat kulit kita. Kelebihan gula dapat menyebabkan glikasi, dimana gula dalam tubuh akan bertabrakan dengan protein dan juga lemak. Dan hal ini akan menyebabakan kerusakan protein dalam tubuh termasuk kulit. Akibatnya protein tidak akan berfungsi sempurna dan akhirnya akan terjadi peradangan protein dalam tubuh dan efeknya adalah terjadi penuaan dini. Proses glikasi juga dapat merusak kolagen dalam kulit. Saat kolagen mengalami kerusakan, maka akan berubah dari lentur menjadi keras, dan ujungnya timbulah kerutan.
Makanya ayo kita hindari gula dan juga makanan manis, biar terlihat awet muda dan manis kalau udah manis kan ga usah makan makanan yang manis lagi, ya ga hehe. 
  • Burger
Burger memang rasanya sangat – sangat enak. Burger merupakan salah satu makanan dimana banyak sumber mengatakan kalau makanan ini kurang sehat, meskipun ada beberapa jenis sayuran yang terdapat dalam burger, namun prosesnya melalui pemanasan yang tinggi. Makanan yang telah dipanaskan pada suhu tinggi juga melalui proses glikasi juga seperti halnya gula tadi yang telah di bahas. 
  • Gorengan
Makanan olahan sebaiknya memang di kukus, selain hemat dalam biaya karena tidak menggunakan minyak goreng juga lebih sehat. Lemak trans gorengan akan merusak kolagen, dimana kolagen merupakan protein struktural pada kulit. Dan jika kolagen rusak makan akan berkurang dalam kulit dan efeknya kulit menjadi keriput. 
  • Alkohol
Alkohol selain tidak baik buat kesehatan kalau dikonsumsi. Alkohol akan merusak hati tentunya hati kalau udah rusak fungsinya menjadi berkurang bahkan tidak akan berfungsi. Hati ini berfungsi untuk membuang racun dalam tubuh, kalau hati udah ga berfungsi tentunya ga ada lagi organ yang akan membuang racun dalam tubuh kan. Dan kalau racun dalam tubuh tidak di buang akan menyebabkan efek tua pada kulit kita. Hal ini dijelaskan oleh ahli gizi Jaime Mass. 
  • Makanan yang dikemas
Sebaik – baik makanan adalah makanan yang segar dan baru. Sebaiknya kita menghindari makanan yang di kemas. Makanan dalam kemasan selain kurang baik bagi kesehatan karena terdapat nitrat yang ada dalam kemasan dimana hal itu dapat memicu peradangan, juga garam yang terdapat didalamnya mampu mengeringkan kulit termasuk juga kerusakan pada kulit seperti bintik – bintik hitam dan jerawat yang bisa terjadi secara permanen. Selain itu juga dapat merusak pembuluh darah yang tentunya akan berpengaruh baik pada peredaran darah. Biasakanlah makan makanan yang segar, bersih dan sehat. Memasak makanan sendiri itu akan lebih bersih, sehat dan hemat. Membawa bekal dari rumah jauh lebih baik ketimbang beli. Hindari pengguanan tempat makanan yang tidak aman untuk kesehatan seperti styrofoam dan barang plastik yang tidak aman. 
  • Merokok
Sepertinya bukan hanya satu sumber yang mengatakan bahwa rokok dan merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Bahkan bukan tidak baik lagi tapi bahaya bagi kesehatan termasuk pada ibu hamil. Selain perokok aktif yang membahayakan dirinya, juga perokok pasif bahkan bisa jadi lebih rentan dan bahaya si perokok pasif. Perokok pasif adalah mereka yang berada di lingkungan yang merokok. Mereka menghisap asap rokok dari lingkungan sekitar mereka. Zat – zat yang terdapat dalam rokok salah satunya nikotin tidak baik untuk kesehatan. Merokok dapat menyebabkan bibir menjadi kering, hitam dan tidak sehat, dengan begitu kita akan terlihat lebih tua dan tidak segar. Selain itu perokok juga akan mengalami keriput kulit pada usia yang masih muda. Hal ini karena peredaran darah tidak berjalan dengan seharusnya. 
  • Kurang minum air putih
Bukan rahasia lagi kalau air putih adalah minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari minum air putih. Kalau kita kurang minum air putih tentunya banyak kerugian yang kira dapatkan, selain tidak sehat misalnya gangguan yang terjadi pada ginjal, gangguan pada pencernaan, selain itu akan memicu timbulnya keriput pada kulit. Hal ini karena kulit kita mengalami stress karena kekurangan konsumsi air. Kulit akan menjadi kusam dan juga keriput. Maka dari itu ayo kita minum air putih minimal 8 gelas sehari, banyak manfaat yang kita dapatkan dari banyak minum air putih.  
  • Terlalu sering kena sinar matahari
Sinar matahari yang bagus dan bermanfaat untuk kesehatan kita adalah yang dibawah jam 09.00 pagi. Maknya kalau bayi baru lahir atau juga lansia dianjurkan untuk berjemur di bawah jam 09.00 pagi hal ini karen asinar matahari masih bagus dan belum menyengat. Usahakan kalau bepergian itu di bawah jam 09.00 pagi hal ini untuk menghindari kulit kita keriput karena terbakar sinar matahari. Gunakan sunblock atau tabir surya saat bepergian di siang hari. Kandungan sinar ultraviolet yang tidak bagus dapat menimbulkan munculnya garis – garis halus pada kulit. Dan garis – garis halus inilah yang nantinya akan membentuk keriput. 
  • Stress
Stress memang menjadi salah satu penyebab banyak gangguan dalam tubuh. Diantaranya siklus haid bisa menjadi tidak teratur atau mengalami gangguan karena stress, kehamilan akan tidak sehat kalau ibu hamil banyak mengalami stress, begitu juga dengan saluran pencernaan ketika sedang stress akan memicu beberapa keluhan, termasuk berpengaruh juga pada kulit. Sebaiknya hindari stress untuk tetap menjaga kesehatan kulit kita. Cari solusi untuk menemukan jalan keluarnya, memendam perasaan dan dendam juga berpengaruh tidak baik pada kesehatan kulit kita. Biasakan berpikir positif, santai dan rasional untuk menghindai stress. Bila perlu lakukan liburan atau refreshing untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh kita. 
  • Kurang makan sayuran dan buah – buahan
Sepakat atau tidak sepakat (serasa dalam drama ya :) ) sayuran hijau dan buah – buahan adalah makanan yang banyak mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh kita. Makanan alami ini tidak ada tandingan kandungan yang terdapat didalamnya. Vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalamnya sangat bagus untuk menjaga imunitas kita, dan juga vitamin E yang diperlukan untuk kesehatan kulit kita. Lebih baik didapatkan dari yang alami daripada yang telah di olah, karena bisa jadi telah tersampur dengan bahan kimia ataupun soda.  

Kurang istirahat dan tidur
Keluhan tidak bisa tidur sepertinya sering mendominasi keluhan lain seperti tidak bisa makan. Orang akan terlihat sangat lelah, tidak segar dan kurang fit saat kurang tidur. Teman saya pernah mengalami gangguan tidur karena selama beberapa hari karena habis menajalani therapy tertentu, entahlah apa itu efek samping dar therapy atau memang terkena gangguan tidur, dan apa yang terjadi wajahnya tampak lelah, pucat dan tidak bersemangat. Istirahat dan tidur yang cukup dan hindari begadang untuk tetap sehat dan terlihat segar. Dan juga tentunya kulit akan terlihat kusam dan tidak segar. Istirahatlah yang cukup hindari begadang untuk tetap menjaga kesahatan dan juga kesehatan kulit kita. 
  • Pemilihan warna baju
Selain beberapah hal di atas, tentunya kita juga harus memperhatikan penampilan termasuk pakaian kita. Pemilihan warna yang tepat, mix and match akan menambah indah penampilan kita. Warna baju yang kita gunakan juga berpengaruh pada penampilan kita. Saya masih ingat beberapa tahun yang lalu dan waktu itu saya masih usia remaja. Dalam salah satu kuis yang diadakan salah satu televisi swasta, ada survey terhadap beberapa orang  meminta  warna apa supaya jadi tidak  terlihat lebih tua. Dan pilihan pertama adalah coklat kemudian abu – abu. Untuk coklat saya setuju karena memang seseorang dengan menggunakan coklat akan tampak kelihatan lebih tua. Tapi untuk abu – abu mungjin bukan terlihat tua ya tapi lebih tepatnya terlihat dewasa. Karena yang memakai warna abu biasanya untuk pemakaian baju – baju tertentu. Misalnya jas atau seragam kerja. 
  • Attitude tidak baik
Gimana rasanya kalau teman, rekan kerja, petugas layanan umum tidak atau kurang ramah? Tentunya ga nyaman dan bikin bete kan? Apa lagi yang juteknya minta ampun deh, kadang kita sama teman suka ngedumel kan iiihhh dasar nenek lampir...upsss (ayo siapa yang pernah mengalami? :) ) makanya dibilang nenek lampir bisa jadi karena terlihat lebih tua tua ya hehe. Nah kita sendiri ga mau kan di bilang begitu sama teman atau rekan kerja kita? Tentunya kita harus menjaga attitude dan sikap yang baik meskipun itu bukan sama orang yang belum kita kenal. Senyum kan ga mahal, senyum itu ibadah.  Ga rugi kan bersikap ramah dan senyum :) .

Itulah beberapa hal yang bisa kita hindari untuk selalu menjaga kesehatan, kesehatan kulit dan juga tentunya penampilan kita. Terlihat segar, sehat, enak di lihat dan tentunya ditambah dengan sikap yang baik dan ramah akan menjadikan kita tidak terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. 

Sumber Refferensi : berbagai sumber 

post signature

Comments

  1. perlu ngurangin gula nich, dan banyak minum air putih. biar tetep awet muda :-)

    ReplyDelete
  2. Teteeeeh...
    Gawat banget ini mah...gawaaaat!
    Aku kayaknya kena point yang sering makan gorengan dan kurang tidur akibat sering begadang ..

    Abisnya susaaaah banget buat dihilangkan itu mah hiks...terutama yang bagian begadang itu Teeeeh,kebutuhan primer banget buat aku mah soalnya begadang buat nge-drama hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aduh ratu korea neh...terus mending ga makan apa mending ga nonton korea haha

      Delete
  3. Teteeeeeh...
    daku sudah mem-folbek blog mu ya Teeeeh :))

    ReplyDelete
  4. Problem saya malas minum air putih dan susah mengurangi gula nih. hiksss. eh baru tau kalau pemilihan warna baju memengaruhi penampilan kulit kita, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gula memang bikin enak ya mba, ya bisa jadi seh itu mba tapi bukan sama kulit pengaruhnya tapi ke penampilan mba

      Delete
  5. Gorengan dan gula. Eh, burger suka lumaya sering sih, Mak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita sama2 mulai hidup sehat mba saya juga lagi belajar emang susah banget godaannya banyak :)

      Delete
  6. Ternyata banyak juga yang menjadi faktor penyebab lebih cepat tua, dan kebetualan sebagian besar dari list diatas kebanyakan sudah saya hindari. Dan hasilnya lumayan, sekarang udah berumur 23 tapi masih dikira abis lulus SMA. :D
    Makasih udah share :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat ya lanjutkan ya hehe, ooo gitu ya jadi awet muda banget atuh ya :) keren deh

      Delete
  7. aku berhenti merokok itu juga krn serem mba ngeliat foto2 cewe yg kliatan bgt jauuuuh lbh tua dr usia sbnrnya :D.. jd bukan krn sakit jantung, paru2, gangguan hamil ato apalah yg bikin aku stop merokok selamanya,tp cm krn tkut kliatan tua :D Alhamdulillah ya, ampe skr keinginan ngerokok udh ilang..awal2 dulu pas msh baru berhenti, aku slalu nyiapin foto2 cewe kliatan tua itu spy jd takut utk nyentuh rokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus mba bisa stop sampai sekarang penuh perjuangan ya mba salut dan keren mba, ga apa2 mba buat penyemangat itu yg penting bisa berhenti total :) sehat slalu ya mba amin

      Delete
  8. Ahhh ternyata pemilihan warna baju jg ngefek ya.. aku paling ga bs deh mix and match

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bisa - bisanya kita ajh mba :)

      Delete
  9. nice info,, baru tau kalo sering kena sinar matahari bisa ngebuat kita jd cepet tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas kan sinar uv nya yg kurang bagus, ok sama2 mas :)

      Delete
  10. waduh, kurang tdur jg masuk mak..busyet dah, eikeh begitu soalnyaaahh huaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mak tidur yg cukup biar slalu fit dan sehat :)

      Delete
  11. Faktor2 lain insyaAllah sih bs dimanage...yg susah itu ngatasin stress
    Hmmm klo kerjanya ga bikin stress... Mungkin kesehatan kulit meningkat kali yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba kerjaan kadang suka bikin stress, dinikmati ajh mba, ayo piknik :)

      Delete
  12. Karna sudah terbiasa dgn takaran gula yg sedikit, kadang kalo pas menyuguhkan minuman unt tamu ehhh tamunya protes "gulanya abis ya?" Hihihihi
    Tfs mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus tuh mba udah biasa meminimalkan gula, ooo gitu mba hehe disangka ibu2 pelit atuh ya mba :)

      Delete
  13. Yang agak susah buat ngga stres atau mengurangi stres nih soalnya saya orangnya panikan dan suka 'mikir' banget, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. di baawa nyante ajah mba ato butuh piknik ini mah kayanya mba :)

      Delete
  14. Thanks for sharing....inside outside bisa ngefek ke penuaan ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba dari dalam sama luar juga, ok sama2 mba mudah2an bermanfaat ya :)

      Delete
  15. Yah... saya kerja kebanyakan di bawah panas matahari (kontraktor dan konsultan pengawas), gimana tuh kalau kasusnya seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo gitu ya mas bisa pake sunblock mas kan ada buat cowo, ato kalo pengen lebih jelas bisa langsung konsultasi ke DF Clinic di Bandung mas nanti ada dr.David ahli antiaging, mksh ya mas :)

      Delete
  16. Replies
    1. iya itu yg susah dihindari ya mba sehari2 banget ya hehe

      Delete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf link hidup saya hapus.

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.