Skip to main content

Tongseng Dengan Kuah Terpisah

Ketika kerja alangkah baiknya jika makanan yang kita makan itu adalah makanan yang bawa dari rumah. Selain bersih dan juga sehat, dan lebih hemat :) Tapi terkadang hal itu susahjuga buat dipraktekan selain waktu yang kadang tidak sempat, juga godaan jenis makanan diluar yang beragam. Termasuk juga saya, godaan buat beli makanan ketika kerja itu banyak banget, selain makan siang juga cemilan yang bisa dimakan ketika waktu senggang. Saya sebetulnya buka type orang yang banyak tau juga tentang makanan selain terhitung jarang wisata kuliner juga saya banyak makanan yang kurang suka. Bukan sok bersihan atau sok pilih - piliih tapi karena memang benar kurang suka pada beberapa jenia makanan. 

Ketika saatnya makan siang terkadang bingung mau beli apa, karena jenis makanan yang saya suka itu - itu saja. Daging sapi, ayam dan telor sedangkan yang lainnya saya kurang suka. Ketika saya bingung harus makan apa, teman ngaih saran untuk makan tongseng saja. Saya kalau masalah makanan cerwet juga, takutnya makanan tersebut ada daging dombanya, ya karena saya tidak suka daging domba. Ternyata tongseng yang ada sekitar tempat kerja itu adalah tongsneg dengan daging sapi. Dan saya pun ikut - ikutan pesan buat di antar ke tempat kerja karena jaraknya jug atidak terlalu jauh. 

Menurut beberapa sumber, tongseng adalah makanan khas Jawa Tengah, biasanya di Solo, Yogyakarta, dan juga Semarang. Dan tongseng yang ada disini ini merupakan tongseng yang dipisah daging dengan kuahnya. Jadi dagingnya dimasak secara terpisah. Dan kuahnya ini tanpa santan, nah lebih sehat kan? :) Dan untuk dagingnya tersebut disatukan dengan nasi pesanan kita, dengan diberi taburan goreng bawang, kol dan juga sedikit  bumbu dari dagingnya tersebut. Sedangkan untuk kuahnya di sajikan secara terpisah, kuahnya diberi tomat yang tidak dimasak jadi masih mentah, irisan bawang daun dan juga seledri.  Wahh segar dan enak ya tomatnya masih mentah. 




Berbicara mengenai tomat, tomat merupakan satu - satunya buah yang juga termasuk sayuran juga. Tomat ini bisa untuk masak, untuk masker, dan juga dimakan mentah. Adapun tomat jika dimakan secara mentah itu bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya :
  1. Dapat melancarkan saluran pencernaan
  2. Dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet 
  3. Dapat menguatkan tulang 
  4. Dapat meningkatkan kesehatan mata 
  5. Dapat menyehatkan rambut dan kulit kepala 
  6. Dapat menghilangkan jerawat
  7. Dapat mencegah kanker dan juga diabetes

Comments

  1. Baru kali ini denger yang namanya tongseng, apa saya yang kudet ya ? :D
    Btw, penasaran nih rasanya mbak. Bisa nggak ya kirim via JNE ? Hehehe,

    ReplyDelete
  2. Baru kali ini denger yang namanya tongseng, apa saya yang kudet ya ? :D
    Btw, penasaran nih rasanya mbak. Bisa nggak ya kirim via JNE ? Hehehe,

    ReplyDelete
  3. Makanan favoritku dan suami nih, Mak.

    Aduh, lap iler :P

    ReplyDelete
  4. Makanan favoritku dan suami nih, Mak.

    Aduh, lap iler :P

    ReplyDelete
  5. Waah aku suka banget nih tongseng, makan nasi dengan kuahnya aja udah nikmat, apalahi tambah dagingnya. Nyummiii

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf link hidup saya hapus.

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.