Skip to main content

Cara Mencuci Muka yang Baik




Masih inget dengan plesetan di social media, Muka itu dirawat bukan diedit, biasa seh ya kalimatnya tapi ngena juga :) , by the way memang muka itu harus dirawat sebagai rasa syukur kita sama Yang Maha Kuasa udah dikasih anugrah yang tak terkira, muka dan badan yang sempurna (Alhamdulillah). Merawat muka banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari facial, peeling, hingga perawatan yang memerlukan teknologi di zaman sekarang misalnya microdermabrasi. Salah satu merawat muka yang paling sederhana dan yang paling sering kita lakukan adalah mencuci muka. Coba berapa kali kita sehari mencuci muka? Apa lagi kalau sedang tidak berhalangan pasti sering kan, sekalian wudhu kita cuci muka. Mencuci muka  yang baik tidak asal cuci muka ajah, karena memberasihkan muka yang baik dan benar merupakan salah satu rahasia kulit cantik dan sehat. Hal ini dikemukakan oleh ahli dermatologi dari Universita Loyola Chaniago, Rebbeca Tung, cara tepat mencuci muka dan wajah akan menghasilkan kulit yang lebih indah. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika akan mencuci muka : 




  • Lakukan mencuci muka setiap malam

Ketika mau tidur bukan hanya kebiasaan cuci kaki dan juga gosok gigi yang rutin dilakukan dan bahkan kita terapkan sama anak – anak sedari kecil, tapi kita harus membiasakan cuci muka juga. Kebayang kan seharian beraktifitas di luar maupun di dalam rumah kaya apa muka kusam dan juga debu yang nempelnya. Kita bayangkan saja dengan badan kita kalaupun pakai pakaian tertutup tetap saja kan harus mandi setelah beraktifitas, harus mandi dan juga pakai sabun. Nah muka juga sama, malah muka lebih mudah kena kotoran karena tidak memakai penutup kecuali kemana – mana menggunakan masker :), mencuci muka malam hari akan membersihkan dari sisa – sisa kotoran yang menempel dan juga hal ini dapat melakukan peremajaan kulit dengan baik ketika kita tidur. Menurut dokter ahli antiaging dan aestetic, mencuci muka menggunakan facial wash itu hanya sekali sehari yaitu pada saat malam hari, pagi atau siang cukup dengan air saja. Jadi ga ada alasan lagi ga cuci muka saat mau tidur ya :)

  • Lakukan dengan dua bagian

Cuci muka dua bagian? Gimana caranya cuci muka dua bagian? Satu dicuci dan satu lagi ga usah gitu :D ? Cuci muka kita bagi menjadi dua bagian saat mencucinya, daerah pipi terlebih dahulu kita cuci menggunakan gentle wash, kemudian teruskan dengan mencuci bagian atau area T yaitu sekitar hidung menggunakan facial scrub. Hal ini karena komedo biasanya banyaknya di hidung dan juga dagu jadi itu harus pakai scrub. Kalau yang ga ada komedo pakai gentle wash ajah ya. Udah tau kan perbedaannya apa gentle wash apa itu facial scrub? Ayoo rame – rame ke mall tanya SPG :)

  • Gunakan air panas dan dingin

Pakai 2 jenis air? Duhhh ribet juga yaa? Ayolah ga ribet koq daripada hasur ka salon cuma buat cuci muka ajah :)  Suka pada facial dengan cara yang sederhana? Nah facial sedarhana kan menggunakan dua jenis air tuh, panas dan juga dingin. Mencuci muka di rumah juga sama baiknya menggunakan dua jenis air panas dan dingin, pertama kita menggunakan air panas, ups jangan terlalu panas ya nanti malah kena luka bakar, anget kuku ajah yaa, kemudian kita cuci muka selanjutnya dengan air dingin. Kenapa harus air panas dan dingin? Ayo kenapa coba yang tau acungkan tangan :). Hal ini karena pori – pori kita akan membuka dengan air panas dan juga menutup dengan air dingin. Dengan begitu kotoran akan mudah terangkat, horeee :) 

  • Keringkan dengan handuk

Mengeringkan kulit muka jangan asal pake apa ajah yaa, jangan – jangan nanti pake lap tangan atau lap piring :) Mengeringkan muka harus dengan handuk khusus untuk muka, ga harus handuk gede, lha muka kan kecil jadi pakai handuk kecil ajah cukup kan :). Hindari mengeringkan muka dengan handuk untuk bagian badan, terlebih ketika muka sedang ada masalah bisa menular ke bagian tubuh lain nantinya. Kalau di tempat kerja atau di tempat umum setelah berwudhu bisa menggunakan tissue. Saat mengeringkan muka hindari menggosoknya atau mengusapnya dengan kasar, karena muka itu sensitive (bukan saat PMS ajah ya yang sensitive :) ) Tepuklah secara perlahan dan juga hati – hati, jangan keras - keras ya nepuknya :).  Nah beres deh tipsnya ayo dicoba – dicoba,  makasih yaa sampai jumpa di tips berikutnya :).  

Sumber Refferensi : 
www.msn.com

post signature

Comments

  1. Sip mbak. thanks tipsnya... ternyata yang benar gitu ya....

    ReplyDelete
  2. Waah makasih bunda atas infonya...
    In syaa Allah akan diamalkan...

    ReplyDelete
  3. Waah makasih bunda atas infonya...
    In syaa Allah akan diamalkan...

    ReplyDelete
  4. tq infonya mak :), br tau ada cara bner utk cuci ajah :)

    ReplyDelete
  5. Siap mak....pokoknya setiap hari apa lg mau bobo pasti cuci muka :)

    ReplyDelete
  6. Tapi untuk kulit sensitif memakai facial scrub sehari-hari sangat tidak di sarankan ^^ meskipun hanya di daerah T. Cukup 3x seminggu, atau malah seminggu sekali sepertiku ^^ kslo tidahk wuihhhh muka meradang dan bruntusan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya scrub memang baiknya ga tiap hari, mksh ya :)

      Delete
  7. Baru tau kalo kudu pake 2 jenis yaitu facial sama scrubnya
    biasanya aku pake yang jenis facial berscrub, buat si komedo wekekek
    tfs mba :)

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalo kudu pake 2 jenis yaitu facial sama scrubnya
    biasanya aku pake yang jenis facial berscrub, buat si komedo wekekek
    tfs mba :)

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya Teh, Evi suka males cuci muka nih kalau malam hehe

    ReplyDelete
  10. duh aku kalo cuci muka asal aja. kadang malah langsung tidur, lupa cuci muka

    ReplyDelete
  11. HAHAHa.. biasanya saya mah ngasal aja, n kalau malem juga jarang cuci muka, biasanya langsung tepar saja

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf link hidup saya hapus.

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.