Skip to main content

Pembangunan Kesehatan Di Negeri Ini

          Jika ditanya tentang kecintaan terhadap negeri ini, sunguh saya tidak bisa menggambarkannya. Betapa besar kecintaan dan kebanggaan terhadap negeri ini. Terhadap keindahan negeri ini, terhadap kekayaan alamnya, prestasi dan semua kelebihan negeri ini yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ahhh sungguh tak ada yang bisa menyamai indahnya negeri ini. Banyak keindahan yang sebetulnya kita tidak perlu mencari dan jauh – jauh ke luar negeri. 
            Saya ingin berbagi cerita tentang kebanggaan saya terhadap negeri ini dari bidang pembangunan kesehatan. Jika saya perhatikan dari masa kemasa kemajuan pembangunan bidang kesehatan di Indonesia sungguh sangat luar biasa. Sudah banyak kemajuan dan perkembangannya. Banyak perubahan dari waktu ke waktu.
            Mulai dari pelayanan kesehatannya, setelah di Indonesia mulai berkembang asuransi kesehatan termasuk adanya Jamsostek, pelayanan kesehatan semakin meningkat. Karyawan dan tenaga kerja sudah terlindungi. Terlebih  sejak adanya BPJS Kesehatan, masyarakat yang sudah terdaptar sebagai anggota BPJS sudah tidak perlu lagi repot – repot memikirkan biaya Rumah Sakit. Jika dulu mereka sakit dan berobat harus membayar semua biaya Rumah Sakit, setelah ada BPJS Kesehatan semua biaya di tanggung oleh BPJS. Dengan adanya BPJS masyarakat sangat terbantu. Terutama dirasakan oleh masyarakat  menengah ke bawah. Jika dulu pada saat sakit dan memerlukan perawatan dan pengobatan serta tindakan medis mereka harus pontang panting mencari biaya, terkadang mencari pinjaman untuk biayanya atau bahkan tidak jarang mereka harus pulang lagi karena keberatan dengan biaya rumah sakit yang cukup mahal.  Sejak adanya BPJS masyarakat sangat terbantu. Masayarakat tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan karena sudah di tanggung oleh BPJS. Dengan membayar iuran perbulan yang jumlahnya sudah ditentukan, semua biaya Rumah Sakit dan pengobatan sudah di tangggung oleh BPJS. Dan untuk masyarakat yang masuk dalam kategori kurang dan tidak mampu itu biaya iuran di tanggung oleh pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Jadi sekarang sudah tidak ada alasan lagi masyarakat tidak bisa berobat karena alasan biaya.
Selain itu kemajuan yang tidak kalah adalah dari segi ilmu dan teknologi kedokterannya. Kini di Indonesia sudah tersedia pelayanan serta pemeriksaan yang lengkap layaknya di luar negeri. Masyarakat tidak perlu jauh – jauh untuk memeriksakan kesehatannya dan beobat keluar negeri. Karena di Indonesia sudah banyak Rumah Sakit yang lengkap fasilitas dan pelayanannya. Begitu juga dengan tenaga medisnya. Sudah banyak dokter yang ahli dalam berbagai bidangnya. Kenapa harus jauh – jauh ke negeri orang jika di sini sudah banyak putera bangsa yang bisa menanganinya.
Disisi lain pertumbuhan Rumah Sakit besar juga sudah masuk ke daerah – daerah setingkat kota madya atau kabupaten. Kini di setiap pemerintahan kota atau kabupaten di daerah sudah ada Rumah Sakit yang cukup besar entah itu Rumah Sakit pemerintah daerah atau swasta. Sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa diberikan untuk kasus – kasus besar. Meskipun pada beberapa kasus tertentu tetap harus dirujuk kerumah sakit pusat yang ada di wilayah provinsi. Apa lagi di kota – kota besar yang ada di Indonesia sudah ada beberapa Rumah Sakit dengan pelayanan dan fasilitas layaknya Rumah Sakit bertaraf inetrnasional.
Begitu juga dengan pelayanan terhadap ibu dan anak semakin meningkat. Dimana dulu masih banyak pertolongan persalinan yang dilakukan oleh paraji di daerah – daerah, kini sudah ditangani oleh tenaga kesehatan. Penyebaran tenaga kesehatan dan pelayanannya sudah cukup merata ke daerah – daerah. Edukasi juga terus ditingkatkan kepada masyarakat sehingga masyarakat semakin mengerti dan paham tentang kesehatan.  Masyarakat  sudah lebih mengerti dan paham akan pentingnya pelayanan kesehatan. 
Sungguh ini suatu kemajuan yang sangat luar biasa di bidang kesehatan. Saya bangga akan bangsa ini. Saya bangga dan bersyukur menjadi bagian dari negeri ini. Semoga semakin meningkat dan lebih meningkat lagi dalam pembangunannya. Kalau bukan kita siapa lagi yang membangun negeri ini. Kalau bukan kita siapa lagi yang bangga akan negeri ini.

post signature

Comments

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.