Skip to main content

Kebutuhan Gizi Pada Kehamilan

         Kebutuhan gizi merupakan hal yang harus diperhatikan oleh semua kalangan, terlebih oleh ibu hamil yang harus meningkatkan asupan nutrisi dan gizinya karena untuk kebutuhan 2 orang yaitu dirinya dan juga janin yang ada dalam kandungannya. Status gizi penting dan harus diperhatikan pada masa kehamilan, karena faktor gizi sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu selama hamil. Dan juga untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.



 
Adapun kebutuhan akan gizi selama kehamilan secara garis besarnya adalah sebagai berikut :
1.       Asam folat
Menurut konsep evidence bahwa pemberian asam folat pada masa pre dan perikonsepsi menurunkan resiko kerusakan otak, kelainan neural, spina bipida dan anensepalus baik itu pada ibu dengan kehamilan yang normal maupun yang hamil dengan beresiko. Selain itu asam folat juga berguna untuk memproduksi sel darah merah, sintetis DNA pada janin dan juga pertumbuhan plasenta. Dengan pemberian multivitamin saja tidak terbukti efektif untuk mencegah kelainan neural. Minimal pemberian suplemen asam folat dimulai dari 2 bulan sebelum konsepsi dan berlanjut hingga usia 3 bulan pertama kehamilan. Dan untuk Dosis pemberian asam folat untuk preventif adalah 500 mikrogram atau 0,5 – 0,8 mg. Sedangkan untuk kelompok dengan faktor resiko adalah 4 mg/hari.
2.       Energi
Diit pada ibu hamil tidak hanya difokuskan pada tinggi protein saja, tetapi juga pada susunan gizi yang seimbang yaitu energi dan protein. Hal ini juga efektif untuk menurunkan angka kejadian BBLR (Berat Badan Lahor rendah) dan juga kematian perinatal. Adapun kebutuhan gizi pada ibu hamil adalah sebanyak 285 kalori untuk proses tumbuh kembang janin dan ibu selama kehamilan. Contoh jenis makanannya nasi, roti, mie, ubi, jagung, kentang, tepung dll.
3.       Protein
Kebutuhan protein sangat penting untuk ibu hamil, karena untuk pembentukan jaringan baru dar janin dan juga untuk kebutuhan ibu itu sendiri selama kehamilan. Kebutuhan protein selama kehamilan dibutuhkan sebesar 910 gram dalam 6 minggu terakhir  kehamilan. Contoh jenis makanannya daging, ikan, telur, hati, sayuran, dan buah hijau dan kuning kemerahan.
4.        Zat besi
Pemberian suplemen Zat besi (Fe) atau tablet tambah darah secara rutin selama kehamilan adalah untuk membangun cadangan besi, sintesa sel darah merah dan sintesa darah otot. Setiap tablet zat besi mengandung FeSO4 320 mg (zat besi 30 mg) dan minimal pemberian selama kehamilan adalah 90 tablet selama kehamilan. Dan tablet zat besi sebaiknya tidak diminum bersama teh atau kopi karena mengandung tanin atau pitat yang akan menghambat penyerapan zat besi. Contoh jenis makanan daging, hati sayuran hijau, bayam, kangkung, daun pepaya, daun katuk.
5.       Kalsium
Kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil karen untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Dan kebutuhan kalsium selama kehamilan adalah sebesar 500 mg sehari. Contoh jenis makanan susu, ikan teri, sayuran hijau, kacang – kacangan kering.
     Itulah secara garis besarnya kebutuhan gizi yang diperlukan oleh ibu hamil. Secara rasionalnya kebutuhan ibu hamil akan gizi meningkat karena untuk kebutuhan 2 orang dalam tubuhnya, yaitu dirinya dan juga janin yang dikandungnya. 

Sumber Refferensi : Buku Perawatan Ibu Hamil, Yuni Kusmiyati, dkk. Penerbit Fitramaya  

Note : Tulisan ini bisa dilihat juga di Nutrisi Untuk Bangsa 

Comments

  1. Iya mak, gizi emang penting bgd utk ibu hamil. Agar si ibu juga si kecil sehat wal'afiat.
    Tfs ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mak, sama2 mak, mksh ya udh mampir :)

      Delete
  2. Kebutuhan gizi memang meningkat, tapi bukan brarti dobel porsi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ibu hamil suka lapar terus mak, tapi yg meningkat kan kebutuhan gizinya mak bukan porsinya hihi disiasati ajh mak,,,mksh ya mak udh mampir :)

      Delete
  3. Tfs ya mak. Berguna banget postingannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mak mudah2an manfaat ya amin,,,mksh ya udh mampir :)

      Delete

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak supaya saya bisa berkunjung balik, mohon maaf link hidup saya hapus.

Popular posts from this blog

Liburan Sambil Silaturahmi

Saat paling ceria buat anak – anak ya pastinya saat liburan ya ga? Pastinya semua anak senang kalau saatnya liburan tiba. Inget jaman saya dulu masih sekolah seneng banget kalau liburan ya begitu juga dengan anak – anak saya ga jauh beda pastinya. Saya selalu mengambil cuti saat mau liburan. Jadi bisa leluasa ngatur waktunya. Kasian anak – anak kan kalau mereka liburan eh saya malah kerja ga seru kan kalau begitu. 

Biar mereka senang dan ceria saya selalu menawarkan pada anak – anak mau liburan kemana. Tapi saya ga kasih pilihan banyak juga seh ya antara ke rumah kakek dan neneknya atau cukup di Bandung paling jalan – kalan ke tempat main yang ada di sekitar Bandung. Biar mereka menikmati masa liburannya. Mereka juga kan perlu refreshing. Hal yang wajar pastinya soalnya sehari – hari mereka sekolah dan belajar. Terlebih mereka baru saja mengikuti ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester. Makanya saat liburan adalah saat yang ditunggu – tunggu. Banyak cara yang bisa dilakukan …

Tips Mencari Busana Muslim Karya Zaskia Sungkar di Internet

Thrombophob Gel untuk Luka Memar

Pastinya semua juga ga mau yang namanya jatuh, cedera ataupun terbentur. Terus kalau jatuh cinta gimana kakak? Ah itu seh lain hal ya, sah – sah ajah seh ya kalau buat yang masih single mah hehe. Nah kalau jatuh beneran gimana neh atau terbentur? Ya pastinya harus segera diobati ya. Ya iya masa didiemin ajah. Dibawa ke tempat pelayanan kesehatan itu merupakan hal yang tepat. Tapi kadang kalau cuma jatuh sebatas terbentur tidak ada luka parah ya kalau masih bisa diobati dirumah ya segera obati di rumah. Inilah pentingnya menyediakan P3K di rumah. Terutama bagi yang punya anak – anak terlebih mereka yang masih belajar berjalan atau masih balita biasanya rentan terjatuh ya.